X
X
Pengaruh Perubahan Cuaca Apakah Jadi Mimpi Buruk untuk Kulit?

Pengaruh Perubahan Cuaca Apakah Jadi Mimpi Buruk untuk Kulit?

 08 Jan 2024
  0
  219

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Bulan Desember di tahun 2023 ini tidak lagi diguyur hujan setiap hari. Seperti kita ketahui, yang terjadi saat ini cuaca menjadi sangat tidak menentu. Terkadang panas terik, kemudian hujan deras beberapa saat disertai angin kencang, lalu panas terik kembali. Perubahan cuaca tersebut tentu sangat memengaruhi kondisi kulit. Karena kulit pada dasarnya lebih bisa bertahan di keadaan suhu yang konsisten. Ketika terjadi inkonsistensi pada cuaca, maka kulit harus bekerja keras untuk mempertahankan hidrasi yang cukup. Ketika perubahan cuaca terjadi secara terus menerus, maka lapisan luar kulit akan terganggu, hingga menyebabkan dehidrasi dan peradangan, hingga berdampak pada kesehatan kulit.

 

Pengaruh perubahan cuaca drastis tersebut bisa menyebabkan kulit kering, iritasi, terasa kaku hingga rentan terkena eksim atau masalah kulit kering lainnya. Perubahan cuaca bisa menjadi mimpi buruk salah satu contoh kasusnya keadaan kulit kering bisa menyebabkan rasa gatal. Ketika gatal, mungkin kita akan lebih sering menggaruk kulit. Seringnya kulit digaruk, akan menyebabkan infeksi dan jadi luka. Tak jarang bahkan juga karena perubahan cuaca berdampak pada produksi minyak berlebih sehingga menimbulkan jerawat serta munculnya peradangan. Oleh karena itu, sangat diperlukan perawatan ekstra untuk kulit agar meminimalisir dampak dari perubahan cuaca.

 

Cara Merawat Kulit Saat Perubahan Cuaca

 

Gunakan Sunscreen 15-30 Menit Sebelum Beraktivitas

 

Dengan kondisi cuaca yang tidak menentu, khususnya saat cuaca panas terik, kamu perlu selalu gunakan sunscreen untuk proteksi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB matahari. Gunakan sunscreen 15-30 menit sebelum keluar rumah, agar kulit terlindungi maksimal. Kamu bisa gunakan Nature Republic California Aloe Fresh Powdery Sun Stick SPF50+ PA++++. Sesuai namanya, sunscreen satu ini berbentuk stick yang sangat mudah diaplikasikan. Cara pakainya seperti kamu memakai deodorant, tak perlu kontak langsung dengan kulit tangan. Mengingat kamu perlu re-apply sunscreen selama 2 sampai 3 jam sekali, sun stick Nature Republic bisa jadi solusi yang tepat agar praktis dan mudah dibawa ke mana pun.

 

Mandi dengan Air Suhu Normal dan Sabun yang Tepat

 

Pengaruh perubahan cuaca salah satunya akan berdampak pada kulit yang semakin kering. Faktanya, mandi dengan air hangat cenderung panas akan membuat kulit semakin kering. Maka untuk menghindari itu, silahkan gunakan air bersuhu normal. Lalu, untuk sabun disarankan kamu memilih sabun cair yang sesuai dengan tipe kulit. Sabun cair diperlukan untuk menghindari pemakaian bersama dengan orang lain.

 

Rajin Membersihkan Wajah

 

Hal wajib untuk merawat kulit tetap sehat dengan cara rajin membersihkan wajah. Lakukan double cleansing agar lebih maksimal. Pertama kamu bisa gunakan pembersih seperti make up remover, micellar water, cleansing balm, oil cleanser ataupun milk cleanser. Salah satunya kamu bisa gunakan Natural Made Marocco Argan Cleansing Balm dari Nature Republic. Selain untuk membersihkan make up, cleansing balm ini juga mampu membersihkan debu, polusi dan kotoran yang ada di wajah. Kandungan argan oil mampu merawat kelembapan pada kulit kering. Produk satu ini cocok untuk semua jenis kulit khususnya kulit kering. Cara pakainya pastikan kulit tangan kamu bersih dan kering. Lalu, aplikasikan cleansing balm pada wajah yang perlu dibersihkan tanpa menggunakan air. Pijat perlahan sampai make up dan kotoran luruh. Lalu berikan air sedikit pada wajah, sampai tekstur cleansing balm menjadi tesktur susu. Kemudian, bilas hingga bersih. 

 

Setelah gunakan cleansing balm, kamu perlu gunakan face wash agar wajah bersih maksimal hingga ke dalam kulit. Kamu bisa gunakan Fresh Herb Cleansing Foam dari Nature Republic. Sabun cuci khusus wajah ini cocok digunakan untuk segala jenis kulit, dan mampu mengangkat kotoran yang tertinggal pada pori-pori wajah. Cara pakainya sama seperti sabun cuci wajah pada umumnya, tuangkan sabun secukupnya ke tangan, lalu buat busa dalam jumlah yang diinginkan. Kemudian gosok di tangan yang basah. Aplikasikan ke wajah dan pijat perlahan. Kemudian bilas dengan air bersih.

 

Gunakan Pelembap Kulit

 

Kulit yang kering dan dehidrasi akibat pengaruh perubahan cuaca, tentunya sangat membutuhkan pelembap ataupun moisturizer untuk menyeimbangkan kulit. Kamu bisa gunakan setelah mandi di pagi hari, dan sebelum tidur di malam hari. Salah satunya kamu bisa gunakan Soothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel dari Nature Republic. Biasa dikenal dengan Natrep Aloe, yang memiliki berbagai fungsi. Mengandung 3 bahan utama yaitu 92% aloe vera leaf extract, Sodium Hyaluronate dan Polyglutamic Acid, Natrep Aloe mampu membuat kulit sangat lembap dan glowing.

 

Rajin Konsumsi Air Mineral dan Makanan Bergizi

 

Rutin meminum air mineral nyatanya sangat bisa memberikan dampak yang signifikan pada kesehatan kulit lho! Kulit akan terhidrasi dari dalam dan racun di dalam kulit juga akan terbuang. Karena perawatan kulit tidak hanya butuh dari faktor eksternal saja, namun juga butuh perawatan dari internal. Selain air mineral, rutin konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran juga sangat membantu membuat kondisi kulit sehat.

 

Istirahat yang Teratur

 

Istirahat yang teratur dan selalu disiplin dalam menentukan waktu tidur juga akan membantu merawat kulit dari dalam. Karena dengan istirahat yang teratur akan membantu proses regenerasi sel-sel kulit menjadi lebih mudah. Sehingga kulit menjadi sehat.

Yuk mulai rawat kulit secepatnya demi kesehatan. Jadi, meskipun ada perubahan cuaca yang drastis, tetapi kulit lebih siap untuk menghalau berbagai dampaknya. Kamu bisa beli semua produk Nature Republic di official store baik online ataupun offline. Yuk beli sekarang!

 

 

Penulis: Adinda Widya Des Naya

Comments

Post your Comment