X
X
Serba Serbi Radikal Bebas Pada Kesehatan

Serba Serbi Radikal Bebas Pada Kesehatan

 29 Feb 2024
  0
  191

 

 

Sering dengar istilah radikal bebas? Istilah yang kerap dikaitkan dengan berbagai penyakit seperti gangguan kesehatan tubuh dan kulit. Sejatinya, radikal bebas merupakan proses alami dari tubuh kita. Namun, ada pula radikal bebas yang bersumber dari luar tubuh. Jika kadarnya normal, maka radikal bebas justru dibutuhkan tubuh untuk memerangi zat asing dalam tubuh. Sehingga radikal bebas mampu melindungi berbagai jaringan tubuh yang sehat dan menjadi penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Namun, jika kadar radikal bebas berlebih, maka akan menjadi ancaman tubuh karena bisa merusak berbagai sel sehingga memberikan dampak negatif bagi tubuh. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kadar radikal bebas dalam tubuh.

 

Jadi, Apa Itu Radikal Bebas?

 

Radikal bebas adalah atom, molekul atau ion yang memiliki kandungan elektron bebas (tidak berpasangan) dan sifatnya tidak stabil. Elektron yang tidak berpasangan ini akan mencari molekul lain yang ada di sekitarnya sehingga menimbulkan reaksi tertentu. Ini yang menjadi penyebab radikal bebas menjadi reaktif dan tak jarang reaksinya berdampak negatif.

 

Dampak Negatif Radikal Bebas

 

Radikal bebas yang berbahaya akan muncul ketika kadarnya melebihi antioksidan sehingga dapat merusak berbagai jaringan dalam tubuh. Kondisi tersebut bisa disebut stres oksidatif. Ketika stres oksidatif terjadi, maka hal ini dapat merusak DNA dan berbagai bagian sel tubuh. Sehingga, tubuh menjadi rentan terkena berbagai penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, kanker, berbagai inflamasi, hipertensi, Parkinson hingga Alzheimer. Radikal bebas berlebih juga akan berdampak pada kulit yaitu akan menyebabkan kulit menjadi kering, hiperpigmentasi, muncul kerutan halus hingga menjadi penuaan dini. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga keseimbangan antara kadar radikal bebas dan antioksidan. Karena antioksidan sebagai senyawa untuk mencegah kerusakan sel akibat molekul berbahaya dari radikal bebas berlebih.

 

Pemicu Radikal Bebas

 

Selain berasal dari dalam tubuh, pembentuk radikal bebas dari luar tubuh bisa dari berbagai hal seperti sering terpapar polusi udara, paparan sinar UV dari matahari, radiasi X-ray, asap rokok, asap kendaraan, bahan kimia industri, makanan fast food, gorengan, daging olahan, alkohol serta nutrisi yang buruk.

 

Cara Melawan Radikal Bebas Berlebih

 

Untuk menyeimbangkan kadar radikal bebas, maka dibutuhkan antioksidan pada tubuh. Antioksidan diperlukan untuk melindungi tubuh dan kulit dari efek radikal bebas berlebih. Cara kerjanya dengan mengikat radikal bebas yang memiliki kemungkinan merusak sel tubuh yang sehat. Sayangnya, antioksidan tidak bisa muncul alami dari dalam tubuh. Butuh asupan dari luar tubuh untuk membantu memenuhi kebutuhan antioksidan, seperti sering mengonsumsi makanan gizi seimbang, yaitu aneka buah dan sayur, kacang-kacangan, teh, kopi tanpa bahan tambahan, rempah-rempah, serta jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, Zinc, Beta Karoten, Selenium, Fenolik, Lutein, Likopen, dan Flavanoid.

Selain mengonsumsi asupan yang mengandung antioksidan, kamu juga bisa mengurangi radikal bebas dengan cara menjalani gaya hidup sehat seperti berhenti merokok, kelola stress, menghindari paparan sinar matahari secara langsung, tidak mengonsumsi alkohol, dan berusaha menghindari polusi dari lingkungan sekitar.

 

Solusi Mencegah Efek Radikal Bebas pada Kulit

 

Efek radikal bebas pada kulit juga perlu jadi perhatian khusus agar penampilan wajah tetap terawat dan sehat. Kamu bisa menggunakan produk skincare untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas seperti penuaan dini. Kamu bisa menggunakan produk terbaru dari Nature Republic yaitu Kombucha Black Tea Series yang memiliki tiga varian yaitu Kombucha Black Tea The First Essence, Kombucha Black Tea The First Eye Cream dan Kombucha Black Tea The First Essence Mask Sheet. Ketiganya terbuat dari bahan natural Kombucha Jeju black tea extract dan ginger extract yang kaya akan antioksidan. Semua produknya bisa digunakan semua jenis kulit termasuk aman untuk kulit sensitif.

Untuk Kombucha Black Tea The First Essence memiliki banyak manfaat seperti membuat kulit menjadi lebih cerah dan bercahaya, kulit lebih lembap dan kenyal, mengurangi garis halus dan kerutan, membantu regenerasi tetap optimal, memperkuat skin barrier, serta sebagai antioksidan dan anti-polusi. Selanjutnya, Kombucha Black Tea The First Eye Cream sangat bagus untuk menyamarkan garis halus dan kerutan di area mata serta mengurangi kantung mata yang gelap agar lebih cerah kembali. Menariknya, produk ini juga bisa digunakan di area yang muncul kerutan seperti di area sekitar mulut dan di dahi. Terakhir, Kombucha Black Tea The First Essence Mask Sheet bagus untuk mencegah garis halus dan kerutan, membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dan lembap serta memperbaiki tekstur kulit yang tidak rata. Kamu bisa dapatkan semua produk Kombucha Black Tea Series di official store Nature Republic. Jadi, tunggu apa lagi?

 

Baca Juga : Hati - hati 5 kebiasaan ini bikin efek penuaan dini muncul

 

 

Penulis: Adinda Widya Des Naya

Comments

Post your Comment