X
X
Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Udah Tau Belum?
 20 Oct 2022
  0
  135

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Udah Tau Belum?

Pada dasarnya penggunaan sunscreen ataupun sunblock setiap hari sangat penting dalam rangkaian skincare. Keduanya sama-sama berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari ataupun sinar ultraviolet (UV) berlebih. Kalau kamu punya satu pilihan harus memilih sunscreen atau sunblock, kira-kira kamu akan pilih yang mana? Eits! Tapi sebelumnya, udah tau belum perbedaan sunscreen dan sunblock? Apa jangan-jangan selama ini kamu menganggap sunscreen dan sunblock itu sama? Hanya beda namanya aja. Duh, yuk kubur-kubur anggapan itu, karena tentunya kurang tepat! Sunscreen dan sunblock punya perbedaan yang signifikan, bukan hanya dari tekstur, tapi juga dari fungsi, cara kerja, kandungan, dan lainnya. Jadi, diantara sunscreen dan sunblock, mana yang terbaik untuk kamu? Simak penjelasan perbedaan sunscreen dan sunblock dibawah ini ya!

 

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

 

 

Dilansir dari health.com, dokter kulit di London, Cristina Psomadakis memaparkan sunscreen bekerja dengan cara menyerap sinar UV yang sudah menembus kulit dan mengubahnya menjadi panas, kemudian dilepaskan oleh kulit. Sementara sunblock bekerja dengan cara memantulkan atau menghalangi sinar UV yang menembus ke kulit. Perbedaan utama sunscreen dan sunblock jelas terlihat dari bagaimana cara keduanya melindungi kulit dari sinar UV. Sunblock yang biasa dikenal sebagai “physical sunscreen” mengandung bahan mineral seperti titanium oxide atau zinc oxide. Sedangkan sunscreen yang biasa dikenal sebagai “chemical sunscreen”, mengandung senyawa kimia organik seperti octyl methoxycinnamate, octyl salicylate, dan ecamsule.

Cara pemakaiannya juga berbeda. Sunscreen baru bekerja ketika diserap oleh kulit, maka pastikan oleskan dengan baik agar menyerap maksimal. Baiknya kamu perlu pilih produk yang tepat sesuai dengan jenis kulit. Lalu oleskan sekitar 30 menit sebelum keluar rumah agar penyerapan lebih optimal. Gunakan sunscreen dengan takaran yang tepat dan ulangi pemakaian setiap dua jam sekali. Sedangkan untuk sunblock, cukup gunakan minimal dengan SPF 30 untuk aktivitas sehari-hari. Namun, disarankan untuk gunakan SPF 50 saat kamu beraktivitas di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Perbedaan sunscreen dan sunblock juga bisa dilihat dari teskturnya. Tekstur sunscreen lebih tipis bila dibandingkan sunblock. Memakai sunscreen tidak akan meninggalkan bekas putih atau whitecast apapun pada kulit alias transparan. Sedangkan untuk sunblock, teksturnya lebih tebal dan sering menyisakan whitecast atau bekas putih pada kulit. Sunscreen dibuat untuk melindungi kulit dari sinar UVA atau yang membuat penuaan ada kulit. Sedangkan, sunblock diformulasikan untuk memberhentikan kerusakan kulit terbakar akibat sinar UVB. 

 

Istilah Pada Sunscreen dan Sunblock

 

1. SPF 

SPF (Sun Protector Factor) untuk menunjukkan seberapa besar perlindungan dari paparan sinar UVB pada sunscreen atau sunblock. Sinar UVB mampu merusak lapisan permukaan kulit, iritasi hingga terbakar. Angka SPF sebagai informasi seberapa lama kulit bisa bertahan dibawah sinar matahari tanpa mengalami sunburn atau kulit terbakar. Semakin tinggi angka SPF, maka perlindungannya akan lebih kuat. Sebagai contoh biasanya kulit tanpa proteksi akan bertahan sekitar 10—15 menit dibawah sinar matahari langsung, namun jika kamu menggunakan sunscreen atau sunblock SPF 30, maka kulit kamu akan terlindungi 30x lipat lebih lama dari sinar matahari tanpa takut sunburn. SPF 15 bisa menangkal 93% dari paparan sinar UVB, SPF 30 bisa menangkal 97% dari paparan sinar UVB, SPF 50 bisa menangkal 98% dari paparan sinar UVB. SPF 100 bisa menangkal 99% dari paparan sinar UVB. Untuk kamu yang tinggal di daerah tropis, minimal kamu perlu gunakan SPF 30 agar proteksi maksimal.

 

2. PA

PA (Protection Grade of UVA) merupakan pelindung kulit dari paparan sinar UVA. Sinar UVA mampu menyebabkan penuaan dini. Tingkat perlindungan PA pada sunscreen ditandai dengan simbol “+”. Mulai dari PA + yang paling ringan, hingga PA ++++ yang paling kuat dalam melindungi kulit. Untuk kamu yang tinggal di daerah tropis, minimal kamu perlu gunakan PA ++ sampai PA ++++.

 

 

Kelebihan dan Kekurangan Sunblock dan Sunscreen

 

Sunscreen terkenal dengan teksturnya yang ringan, cepat menyerap dan tidak meninggalkan bekas putih atau whitecast pada kulit. Rasanya lebih nyaman untuk penggunaan sehari-hari. Namun kandungan formulanya terkadang tidak ramah pada kulit sensitif. Hingga rawan muncul komedo karena kandungannya menutup pori-pori pada kulit. 
Sedangkan sunblock memiliki tekstur yang lebih pekat, kental, terasa berminyak sehingga meninggalkan bekas putih atau whitecast pada kulit. Namun, sunblock terkenal dengan proteksi UV yang lebih kuat dibandingkan sunscreen. Sunblock lebih disarankan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif karena kandungan formulanya tidak menyumbat pori-pori.

 

Nature Republic Produksi Hybrid Sunscreen 


Mulai sekarang kamu bisa dapetin semua kelebihan dari sunscreen dan sunblock lewat produk inovasi dari Nature Republic. Kenalan yuk!


1. Nature Republic California Aloe Sun Stick


Produk satu ini memiliki kandungan SPF 50+ dan PA++++ yang bisa kamu pakai untuk wajah dan badanyang terkena paparan sinar matahari. Keunggulannya untuk mencerahkan, mencegah penuaan dini dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan maksimal. Bentuknya stick sangat mudah untuk diaplikasikan ke seluruh permukaan kulit. Sunblock sekaligus sunscreen ini terbukti waterproof, dengan hasil akhir powdery atau matte dan sangat nyaman untuk digunakan. Kulit kamu akan lembab dan terawat. 


2. Nature Republic California Aloe Jumbo Sun Lotion (For Body and Face) 


Sunscreen sekaligus sunblock ini mampu membantu melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. Teksturnya ringan, tidak lengket, dan nyaman untuk digunakan. Memiliki kandungan aloe vera leaf extract dan botanical extract yang mampu menjaga kelembaban kulit dan membuat kulit lebih sejuk. Ukurannya besar sehingga cukup untuk digunakan di wajan dan badan dan memberikan perlindungan tahan lama selama beraktivitas di luar ruangan dengan kadar SPF 50+ dan PA++++. 


Pilihan Produk Sunblock Unggulan Nature RepublicTidak hanya hybrid sunscreen, Nature Republic juga memiliki beberapa varian sunblock yang wajib kamu punya. Apa aja sih? Simak di bawah ini ya!


1. Nature Republic California Aloe Moisturizing Tone Up Sunblock

Produk satu ini memiliki SPF 50+ dan PA++++ yang memiliki formula aloe vera leaf extract dan botanical extract lainnya. Produk ini tentunya sangat bisa diandalkan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB, memberikan efek sejuk dan menjaga kelembaban pada kulit. Cocok untuk kamu yang ingin mencari efek tone up pada kulit. 


2. Nature Republic California Aloe Daily Sunblock


Sunblock ini kaya akan kelembaban yang memurnikan dan sangat bisa untuk memperbaiki warna kulit yang terbakar akibat sinar matahari. Sunblock ini memiliki kandungan SPF 50+ dan PA++++. Artinya akan lebih tahan lama dalam melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. 


3. Nature Republic Green Derma Mild Cica Big Sun Cushion 

Sunblock berbentuk cushion yang lembut, terasa ringan di kulit dan tidak lengket ini memiliki kandungan SPF 50+ dan PA++++ yang akan membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Formulanya terbuat dari botanical extracts seperti Centella Asiatica, Madecassoside, Asiatic Acid, Madecassic Acid, Asiaticoside dan Ceramide NP yang akan menjaga kelembapan kulit kamu, serta meredakan iritasi kulit akibat paparan sinar UV. Produk ini sudah teruji secara dermatologis. 


Jadi, kamu mau pilih produk yang mana? Temukan sekarang di toko Nature Republic terdekat atau beli online di marketplace Nature Republic. Jangan sampai ketinggalan ya

 

Comments

Post your Comment