X
X
Kulit Wajah Kering Saat Puasa, Pahami Penyebab dan Cara Atasinya!

Kulit Wajah Kering Saat Puasa, Pahami Penyebab dan Cara Atasinya!

 01 Apr 2024
  0
  106

 

 

Memasuki bulan Ramadhan menjadi tantangan tersendiri untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap prima. Karena saat berpuasa, kadar kelembapan dan vitalitas kulit akan cenderung menurun. Alhasil, kulit wajah kering dan kusam menjadi hal wajar yang akan dihadapi. Kondisi tersebut yang bisa jadi pemicu penuaan dini terjadi, seperti mulai muncul garis-garis halus dan kerutan yang tak dapat dihindarkan. Oleh karena itu, hal utama yang perlu dilakukan adalah selalu perhatikan kondisi kulit masing-masing. Nature Holics harus peka dan sadar akan perubahan kulit yang dialami, seperti selain menjadi kering dan kusam, apakah muncul flek, tekstur kulit yang mulai kasar atau terkelupas, kulit terasa gatal dan nyeri, muncul komedo atau jerawat, ataupun lainnya. Ketika hal tersebut terjadi, itu menjadi tanda kamu membutuhkan perawatan ekstra untuk menjaga kesehatan kulit sedini mungkin. Tapi sebelum akan dijelaskan cara atasi itu semua, kamu perlu mengetahui apa saja penyebab dari perubahan kulit saat puasa. Simak terus artikel ini, ya!

 

Penyebab Kulit Wajah Kering Saat Puasa

 

Menurut penelitian, alasan perubahan kulit saat berpuasa dikarenakan oleh beberapa faktor. Berikut rangkumannya:

1. Dehidrasi/ Kekurangan Cairan

Ketika tubuh alami kekurangan cairan, maka kulit akan otomatis menjadi kering, kusam dan mudah iritasi. Maka dari itu, salah satu Dermatologist asal Arab, dr. Umesh Nihalani menyarankan untuk mengonsumsi air putih setidaknya dua liter per hari mulai dari berbuka puasa. Pastikan kebutuhan cairan kamu selalu terpenuhi selama bulan puasa. Hindari konsumsi kafein ataupun minuman soda, karena keduanya bisa membuat kulit menjadi dehidrasi. Opsi lainnya, kamu bisa mengonsumsi minuman detox seperti infused water yang diisi lemon atau timun ataupun mint.

2. Banyak Makan Gorengan

Meski terasa nikmat saat disantap terutama sebagai menu utama untuk takjil, nyatanya gorengan bisa berdampak buruk pada kesehatan kulit. Makanan yang banyak mengandung minyak akan memicu tubuh dan kulit semakin dehidrasi hingga memicu peradangan. Gorengan juga bisa merusak kolagen dan elastin pada kulit, sehingga dampaknya muncul efek penuaan pada kulit.

3. Konsumsi Makanan Olahan Berlebih

Lagi-lagi tentang makanan. Selain gorengan, makanan olahan atau makanan cepat saji juga akan memicu perubahan kulit. Karena makanan berlemak jenuh ataupun makanan olahan dapat memicu jerawat muncul pada kulit. Maka dari itu, asupan makanan bergizi yang kaya akan vitamin A, C dan E menjadi sangat penting. Misalnya seperti selada, timun, dan lainnya akan membantu menggantikan mineral yang hilang selama puasa.

4. Terlalu Sering Mandi

Meskipun mandi sangat baik untuk kesehatan tubuh, namun terlalu sering dan terlalu lama mandi akan memicu kulit semakin kering. Hal ini disebabkan karena ketika mandi dengan sabun yang memiliki kandungan kimia, akan menyebabkan hilangnya lapisan alami pelindung kulit. Sehingga, sel-sel kulit menjadi rapuh dan bisa menyebabkan berbagai keluhan. Maka dari itu, disarankan mandi hanya cukup dua kali sehari dengan waktu 5-10 menit saja.

5. Kurangnya Waktu Tidur

Selama puasa waktu tidur terasa semakin berkurang. Padahal, tidur sangat dibutuhkan tubuh untuk memperbarui, menyembuhkan dan menghilangkan racun pada kulit. Kurangnya waktu tidur tersebut akan meningkatkan hormon kortisol dan menyebabkan inflamasi pada kulit.

 

Lalu, Bagaimana Cara Atasi Kulit Wajah Kering Saat Puasa?

 

1. Perbanyak Asupan Air Mineral

Kamu bisa jalankan pola 2-4-2 untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh, yaitu dengan detail sebagai berikut:

  • 2 gelas air mineral saat buka puasa
  • 4 gelas air mineral saat makan malam
  • 2 gelas air mineral saat sahur

Asupan air mineral yang tercukupi, akan mampu atasi kulit wajah kering. Sehingga menjadi sehat kembali.

 

2. Gunakan Skincare yang Dapat Menambahkan Hidrasi Kulit

Kamu bisa gunakan rangkaian skincare terbaru dari Nature Republic, yaitu Kombucha Black Tea Series. Terdiri dari Essence, Eye Cream dan Mask Sheet. Semuanya terbuat dari bahan alami seperti Kombucha Jeju Black Tea dan Ginger yang sangat aman dipakai untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif. Rangkaian skincare Kombucha Black Tea akan memberikan kelembapan yang luar biasa pada kulit kamu. Sehingga, kulit menjadi lebih cerah, sehat dan ternutrisi. Selain itu, karena perubahan jadwal tidur, memungkinkan akan muncul lingkaran hitam pada mata. Kamu bisa gunakan Kombucha Black Tea The First Eye Cream untuk mencegah mata panda.

 

3. Selalu Gunakan Sunscreen

Penggunaan sunscreen bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV, sehingga kulit terhindar dari tanda-tanda penuaan dini. Kamu bisa gunakan California Aloe Aqua Jumbo Sunscreen SPF50+ PA++++ dari Nature Republic. Selain untuk wajah, sunscreen ini juga bisa digunakan di tubuh. Jangan lupa untuk aplikasikan kembali setiap 3 jam sekali agar perlindungan lebih optimal.

 

4. Rutin Mencuci Muka

Atasi kulit wajah kering bisa dengan rutin mencuci muka dua kali sehari. Sebelum berkegiatan dan setelah berkegiatan baik di dalam ataupun luar ruangan. Hal ini penting dilakukan untuk membersihkan penumpukan kotoran dan keringat di kulit wajah. Serta, pilih sabun cuci muka yang memiliki kandungan untuk menghidrasi kulit.

 

5. Perbanyak Konsumsi Makanan yang Kaya Antioksidan

Seperti kita ketahui bahwa kadar radikal bebas berlebih bisa menyebabkan masalah kesehatan kulit salah satunya kulit wajah kering. Maka dari itu, untuk atasi hal tersebut, makanan dengan kadungan antioksidan mampu melawan radikal bebas pada tubuh. Sehingga, kulit menjadi lembap dan sehat kembali. Makanan seperti alpukat, blueberry, brokoli, wortel dan lainnya adalah pilihan yang tepat.

 

 

 

Penulis: Adinda Widya Des Naya

Comments

Post your Comment