X
X
Kulit Kering Karena AC Bikin Cemas! Apa yang Harus Dilakukan?

Kulit Kering Karena AC Bikin Cemas! Apa yang Harus Dilakukan?

 31 Aug 2023
  0
  2585

 

 

Cuaca panas menjadi pemicu meningkatnya intensitas pemakaian AC atau pendingin ruangan setiap hari. Sudah bukan lagi dianggap barang mewah, adanya AC bisa dibilang menjadi kebutuhan primer untuk dimiliki di setiap rumah, kantor, sekolah hingga tempat umum lainnya. Tapi, apakah Nature Holics tahu kalau berada di ruangan AC dalam jangka panjang bisa membuat kulit sangat kering? Faktanya, AC bekerja dengan menarik kelembapan udara untuk mengurangi kelembapan di dalam ruangan sehingga membuat kulit kering. Hal ini diperkuat dengan pernyataan dokter kulit asal India, Dr Vidushi Jain yang menyatakan bahwa keringat sangat bemanfaat untuk tubuh. Ketika berada di ruangan ber-AC, produksi keringat akan berkurang karena kelembapan dan suhu rendah. Akibatnya, tubuh tidak mampu menghilangkan racun yang berlebihan. Menurutnya, AC juga mengurangi jumlah sekresi minyak alami pada kulit. Sehingga, kulit kering karena AC perlu menjadi perhatian dan mendapatkan perawatan yang tepat.

 

Efek Negatif Penggunaan AC pada Kondisi Kulit

 

Menggunakan AC memang cukup membuat tubuh sejuk dan nyaman khususnya saat cuaca panas. Padahal, AC bisa membuat kulit kering dan dehidrasi. Dalam jangka panjang, sangat memungkinkan kulit akan muncul garis-garis kerutan, noda, mengelupas, gatal, bibir pecah-pecah, kusam hingga penuaan dini. Simak penjelasannya dibawah ini.

 

1. Kulit akan Lebih Mudah Kering dan Gatal

Dengan cara kerja AC yang memiliki kecenderungan menyedot kelembapan udara, tidak pandang bulu satu ruangan akan menjadi kering termasuk kulit kita. Hal ini akan memengaruhi epidermis dan membuat kulit menjadi kering dalam jangka panjang. Bila dibiarkan dan tidak diatasi dengan baik, maka bisa berdampak pada kulit hingga ke lapisan terdalam. Ini yang menjadi penyebab mengapa kulit menjadi mengelupas, gatal, hingga bersisik.

 

2. Munculnya Tanda-Tanda Penuaan Dini

Kulit kering karena AC akan mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan seperti kerutan ataupun garis-garis halus. Ketika kulit mulai mengerut, maka elastisitas kulit juga akan berkurang. Hal ini disebabkan kulit gagal dalam menggantikan air atau cairan dari jaringan kulit sehingga kulit menjadi kering, dan pecah-pecah yang akhirnya rentan timbul kerutan dan garis-garis halus.

 

3. Produksi Minyak Alami di Kulit Berkurang

Pemakaian AC terus menerus akan mengurangi produksi minyak alami pada kulit. Minyak alami sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit, melindungi kulit dari mikroba, serta melindungi kulit dari efek sinar matahari. Bila produksi minyak alami menurun, maka akan mengakibatkan kulit menjadi kering, kusam dan tidak sehat.

 

4. Degenerasi Kulit

Kulit menjadi sulit regerenasi ketika mengalami stress akibat pergantian suhu secara cepat. Biasanya terjadi pada orang yang sering berada di luar ruangan dengan cuaca panas, lalu berjalan ke ruangan ber-AC untuk menyejukkan diri ataupun sebaliknya. Pergeseran suhu mendadak ini yang membuat kulit menjadi stress dan memengaruhi kemampuan kulit dalam regenerasi. Jika hal ini sering terjadi, maka kulit akan sulit beradaptasi dengan lingkungan dan pada akhirnya proses regenerasi kulit akan terganggu sehingga kulit menjadi kusam dan kekurangan nutrisi.

 

Tips Melawan Efek Negatif AC pada Kulit

 

Kulit kering karena AC sangat perlu dijaga dan dirawat kelembapannya agar tetap sehat. Berikut tips untuk Nature Holics.

1. Pastikan konsumsi air mineral minimal 1.5 sampai 2 liter setiap hari.

2. Meminimalisir penggunaan AC secara teratur. Misalnya tidak menggunakan AC di rumah.

3. Gunakan alat humidifier atau pelembap udara untuk meningkatkan kualitas udara dan menjaga udara tidak terlalu kering.

4. Pastikan mengganti filter AC setiap 4 sampai 6 minggu.

5. Gunakan skincare yang melembapkan kulit wajah. Kamu bisa pakai rangkaian skincare Hyathenol dari Nature Republic. Hyathenol terbukti mampu menjaga kelembapan maksimal hingga lapisan kulit terdalam. Ada 6 varian produk mulai dari Hyathenol Hydra Foam Cleanser, Hyathenol Hydra Toner, Hyathenol Hydra Ampoule, Hyathenol Hydra Essence, Hyathenol Hydra Emulsion, dan Hyathenol Hydra Cream. Hyathenol mengandung Phyto-Hyaluronic Acid, Derma Panthenol dan Niacinamide sehingga kulit menjadi terhidrasi maksimal.

6. Gunakan body lotion secara teratur seperti Perfume De Nature Body Lotion dari Nature Republic untuk mengatasi kulit kering karena AC, khususnya pada bagian leher, tangan, siku, dan kaki.  

7. Semprotkan pelembap secara berkala ketika kulit terasa kering. Kamu bisa gunakan Soothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel Mist dari Nature Republic.

8. Hindari menggunakan sabun secara berlebihan terutama pada kulit kering.

9. Konsumsi makanan sehat bergizi dan minum vitamin.

 

AC dapat menyebarkan bahan kimia dan polutan melalui udara yang tentunya berdampak pada kesehatan. Oleh karena itu, jangan sampai lalai ataupun acuh pada dampak negatifnya. Terutama kulit kering karena AC perlu perawatan khusus agar tidak memperburuk dampaknya dalam jangka panjang. Nature Holics bisa beli seluruh produk perawatan Nature Republic melalui online atau offline store terdekat.

 

 

Penulis: Adinda Widya Des Naya

 

Comments

Post your Comment